unbk

Pengumuman Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

MTs. Ihyaul Ulum Dukun Gresik Tahun Pelajaran 2016/2017

Masukkan Username UNBK (mulai 2 Juni 2017)
Format : Pxxxxxxxxxxx

sepeda-onthel

BeTeWe, ada yang suka bersepeda nggak? Yapz betul sekali. Olahraga satu ini  selain banyak manfaat juga mudahdi lakukan lho. Tapi sobat, kenapa ya? Banyak banget anak MTs. Ihyaul Ulum  yang nggak mau bersepeda, apalagi kalau sudah kelas IX.

Huh ..susah banget  katanya sich banyak sekali  alasannya. Salah satu alasan yang paling sering diucapkan adalah gengsi. Kenapa sih harus gengsi..?. Padahalkan ngontel(bersepeda) mengasyikkan dan  banyak manfaatnya. hemm.. jadi heran sama anak-anak sekarang, diajak sehat susahnya minta ampun. Huh capek  deh .. sobat tau nggak kenapa orang sekarang mudah terkena penyakit, yappz ..! betul.. betul.. betul.. karena mereka malas dan  hanya memilih  cara gampang.Mereka lebih memelih cara  instan untuk memperoleh tubuh sehat. Mereka rela merogoh kocek dalam – dalam hanya untuk membeli obat pelansing badan seperti iklan yang lagi marak ditelevisi.

           Sobat ! ada yang tahu nggak dimana dan kapan ditemukannya sepeda? kita kasih tahu gak  yaa .. Gocap dulu .. haha.Pada abad ke 19 lah sepeda pertama kali ditemukan di Eropa. Sejak saat itulah sepeda mulai masuk ke Amerika dan menjadi  terkenal ke seluruh dunia. Dulu  sepeda bentuknya aneh – aneh.  Ada yang rodanya satu, ada yang roda satuya besaaar satunya kecil seperti yang pernah disaksikan oleh  siswa-siswi MTs. IU di museum Mpu Tantular. Ada yang terbuat dari kayu, besi, maupun bambu. Sangat unik dan menarik !!. Sejak munculnya sepeda motor pengguna sepeda mulai berkurang. Hal ini kerena dengan menggunakan sepeda motor orang dapat cepat sampai ke tujuan tanpa harus bersusah payah mengayuhnya. Dari hasil penelusuran kru Inspiratif siswa di MTs. Ihyaul Ulum yang masih menggunakan sepeda hanya tinggal 40% saja. Itupun biasanya adalah siswa kelas VII.  Kalau mereka kelas IX biasanya malu dan menaruh sepedanya diluar area madrasah. Padahal sudah berkali-kali diperingatkan oleh satpam dan beberapa warga masyarakat.

Menurut wahdana salah satu siswa yang setia ngontel, dengan bersepeda badan menjadi sehat. Apalagi pada saat pagi hari udara masih sangat segar. “Pokoknya asyik apalagi kalau rombongan” katanya dengan antusias saat diwawancarai oleh Inspiratif. Hal senada juga dirasakan oleh lailatul fitriyah siswa kelas VIII – D. Menurutnya berat badanya menjadi turun gara – gara setiap hari ke madrasah ngontel. “ lumayan hemat, uang untuk membeli bensin dapat digunakan untuk membeli buku atau keperluan lain yang lebih penting. Menurut cerita Fifit sapaan akrabnya karena doy  tiap pagi ngontel sekarang dia sudah mampu nabung untuk beli leptop.” Satu hari jatah bensin aku tabung, mudah – mudahan di akhir tahun aku dapat beli laptop” kata gadis asal desa Kureng ini.

Dari berbagai sumber yang dihimpun oleh Inspiratif ternyata  ngontel memiliki banyak manfaat antara lain :

1. Jika ditinjau dari segi kesehatan, sudah terbukti ngonteldapat meningkatkan kebugaran.Menurunkan berat badan (buat yang merasa gemuk-gemuk sering-sering ngontelyaa….). Menurut Dr. Kenneth Cooper, seorang dokter terkenal di Amerika. Ngonteladalah salah satu dari 5 olah raga terbaik dalam menurunkan kolesterol darah. Saatnya bilang Waaww .. it’s Amazing !! ngonteljuga dapat membakar kalori lebih banyak dari olah raga lain (kecuali lari). Kira-kira 60 menit setiap hari jumlah kalori yang dibakar + 300-500 kalori. Ini merupakan metode penurunan berat badan yang cukup efektif  loh sobat.

2. Sobat !! ada yang lagi  stres nggak? Kalu kamu stres jangan banting-banting piring. Jangan gigit-gigit bantalatau bunuh diri naik tower biar masuk televisi. Ada solusi terbaik untuk menghilangkan stres. Apa tuhh ?? emm .. kasih tau nggak yaa .. kasih tau dong .. kalau stres itu harusnya ngontel.. kok bisa ?! yappz  karena ngonteldisaat stres bisa memberikan efek ketenangan. Hal ini bisa terjadi karena aktifitas mengayuh pedal secara berulang-ulang sama seperti kegiatan meditasi yang menuntut diri kita utuk fokus and konsentrasi.

3. Bukan hanya itu, ngonteljuga mengurangi selulit yang ada di paha kita. Darah kita akan berjalan dengan lancar. Ditambah lagi nutrisi-nutrisi didalam tubuh akan terbagi rata. Fungsi lain dari ngonteladalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. seperti diabetes and serangan jantung. Waaahh .. bagus juga ya sobat!! Katanya sih orang yang ngontellebih sedikit terkena polusi dari pada orang yang naik kendaraan bermotor. Hal ini mungkin kerana dapat bernafas lebih teratur dan  banyak menghirup oksigen.Csekarang kalian ngonteltiap hari, pasti sehat. Because with ngonteltiap hari akan melatih nafas kita untuk bernafas lebih panjang dibandingkan dengan orang yang tidak ngontel. Ngontellebih efektif dibandingkan dengan senam aerobik dan lebih mengasyikkan. Ngontelmerupakan salah satu olah raga yang paling efektif and murah untuk mencapai kesehatan yang mahal harganya. Hasil penelitian menyebutkan bersepeda dalam jarak pendek dan sering dilakukan mengurangi kematian + 20%. Hebat ya sobat!! Semangaaat!! Jangan gengsi kalau itu menyenangkan. Buat apa malu kalau hasilnya baik.? yang malu and yang gengsi .. Rugii !!! sobat inspiratif ! iyya .. udah dulu yaa bahasan tentang manfaat dari ngontel. Sampai disini ada yang masih malu nggak ..?? nggak usah malu. And jaga lingkungan hijaumu .. jangan biarkan lingkunganmu rusak karena polusi. Udah dulu yaa .. sampai jumpa di buletin inspiratif selanjutnya .

Siapa tidak kenal dengan tokoh kita ini. Kalau boleh dibilang beliau ini ontelis sejati. Yaap.. siapa lagi kalau bukan Bapak Imam Mawardi. Guru paling senior dilingkungan MTs. Ihyaul Ulum ini terlihat masih bugar diusianya yang sudah 68 tahun. Pak Imam sapaan akrabnya lahir di Lamongan 28 Juli 1945.  Woow hampr sama dengan lahirnya bangsa kita dong. Sejak usia tujuh tahun pak Imam sudah memilki sepeda. Pada saat itu sepeda sudah tergolong barang cukup mewah. Karena ada rejeki dari hasil berdagang dipasar Lamongan ayah pak Imam membelikanya sepeda merek Hartoq dengan harga Rp.200, “Waktu itu meskipun hanya Rp.200 tapi kalau dibelikan sapi sudah dapat sapi besar” kata pak Imam mencoba mengingat masa kecilnya.

Pak Imam punya cerita menarik waktu mengendarai kuda besi ini. Waktu itu hujan rintik - rintik, seperti biasanya Imam kecil berangkat ke sekolah yang berjarak 5 Km dari rumahnya. Di tengah jalan ternyata ban sepedanya copot, loh…ban koq bisa copot. Bukanya kempes…sobat inspiratif sepeda zaman dulu tidak menggunakan ban angin seperti sekarang ini, dulu sepeda menggunakan ban karet. Kalau sering kali dipakai ban ini lama kelamaan akan menjadi kendur atau bahasa jawanya dhower. Wal hasil karena ban sepeda pak Imam sudah kendur ditengah jalan banya copot dan pak Imam terjatuh ke tengah sawah. “Byurrrr….basah kuyup seluruh badan, wajah penuh lumpur. Tapi Alhamdulillah tangan dan kaki tidak ada yang keseleo” Ucap pak Imam. Ceritapun beganti bukanya belajar tapi ngendong sepeda ke rumah.

Apabila dihitung sudah 48 tahun pak Imam setia dengan sepeda ontelnya. Hampir kemanapun beliau pergi pasti ditemani oleh ontel kesayanganya. Seperti yang sobat inspiratif saksikan setiap hari kalu pergi mengajar ke MTs. Ihyaul Ulum pasti membawa ontel kesayanganya. “ ini merek jengki, ini adalah sepeda terakhir yang saya beli. Sejak kecil sampai sekarang ini, saya sudah ganti sepeda lima kali” ucap pak Imam sambil memarkir sepedanya dibawah pohon maja. Dari hasil mengayuh sepeda hampir tidak ada penyakit yang bersarang ditubunya. “ Alhamdulilah saya sehat, tidak kolesterol, kencing manis apalagi asam urat. Amit –amit mudah mudahan jangan sampek “ kata pak Imam mengakhiri wawancara.

Sobat inspiratif jangan takut dibilang ndeso karena pakai ontel, karena manfaatnya yang begitu besar. Yang sudah bilang ngontel ndeso berarti kuper ( kurang pergaulan ). Semangat terus, kayuh sepeda lebih cepat dan badan menjadi sehat

Deby IX - B